Apa Itu Bored Pile ?

Mungkin bagi sebagian dari kita belum paham Apa itu Bore Pile? 

Bored pile adalah jenis pondasi beton bertulang yang menopang struktur dengan beban vertikal yang berat. Bored pile adalah tiang beton dengan system pengecoran di tempat, yang berarti tiang pondasi dibuat lokasi konstruksi. Hal ini berbeda dengan pondasi tiang pancang beton lainnya, seperti pondasi tiang pancang beton bertulang yang menggunakan tiang pancang beton pracetak 'Precast'. Bored Pile biasanya digunakan untuk pekerjaan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan kompleks industri 'Pabrik', yang kesemuanya membutuhkan fondasi yang dalam.     

 

Proses Bored Pile

Memasang bored pile dimulai dengan mengebor lubang vertikal ke dalam tanah menggunakan mesin bored pile. Mesin ini dapat dilengkapi dengan alat bor, ember, dan pegangan yang dirancang khusus untuk menghilangkan tanah dan batu. Lubang dapat dibor hingga kedalaman 60 meter dan diameter hingga 2,4 meter. Proses pengeboran mungkin termasuk memasukkan silinder atau selongsong baja sementara ke dalam tanah. Ini tetap di tempatnya di bagian atas lubang sampai bahan cor beton dituangkan.     

Setelah lubang dibor, struktur tulangan baja yang telah dibuat, diturunkan ke dalam lubang, kemudian lubang tersebut diisi dengan beton. Bagian atas tiang dapat ditutup dengan pijakan atau dermaga di dekat permukaan tanah untuk menopang struktur di atasnya.   

Pekerjaan bor pile harus dilakukan oleh kontraktor bor pile berpengalaman. Ini adalah operasi yang sangat terspesialisasi yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman luas tentang konstruksi dan teknik tiang bor serta kondisi tanah dan lokasi.   


Pengaplikasian Bored Pile 

Saat digunakan untuk pondasi, bor pile secara khusus diaplikasikan untuk bangunan dan struktur lain yang memberlakukan beban dalam ribuan ton. Itu juga sangat cocok untuk kondisi tanah yang tidak stabil atau sulit. Selain sistem pondasi, bor pile digunakan untuk membuat dinding bawah tanah struktural untuk penahan tanah. Lubang bore pile dapat ditempatkan berdekatan, dengan 75 hingga 150 mm antar tiang (disebut dinding tiang bersebelahan), atau dapat ditempatkan sedemikian rupa sehingga saling tumpang tindih, untuk membuat dinding tiang, yang sering digunakan untuk mengontrol migrasi air tanah. 


Tantangan Dalam Konstruksi Bored Pile 

Seperti sistem pondasi dalam lainnya, bor pile menghadirkan tantangan bagi kontraktor. Karena metode pengeboran yang digunakan tergantung pada jenis tanah, kontraktor harus menyelesaikan investigasi dan laporan tanah secara menyeluruh. Kontraktor tiang pancang mengandalkan laporan tanah dan pengalaman masa lalu untuk memilih metode pengeboran terbaik yang akan meminimalkan gangguan pada tanah di sekitarnya.   

Jika tanah kurang kohesi, seperti terdapat pasir, kerikil, dan silt, atau lubang meluas ke bawah permukaan air, lubang harus ditopang menggunakan sangkar baja atau lumpur stabil, seperti suspensi bentonit. Solusi ini bisa menjadi proses yang sangat berantakan dan menambah kompleksitas proyek.   


Keunggulan Pondasi Bored Pile 

Keunggulan utama bor pile atau poros yang dibor dibandingkan dengan pondasi konvensional atau jenis tiang lainnya meliputi:   

  • Lubang bore pile berifat variabel dimana lubang dapat diperpanjang dari tanah yang lunak, perlu dimampatkan, atau membengkak menjadi bahan bantalan yang disesuaikan.   
  • Lubang bore pile  dapat diperpanjang hingga kedalaman di bawah penetrasi embun beku dan variasi kelembaban musiman.   
  • Penggalian besar dan pengurukan berikutnya diminimalkan.  
  • Lebih sedikit gangguan pada tanah yang berdekatan terjadi.  
  • Getarannya relatif rendah, mengurangi gangguan pada tiang atau struktur yang berdekatan.  
  • High-capacity caissons dapat dibangun dengan memperluas alas tiang tiang hingga tiga kali diameter poros, sehingga menghilangkan kebutuhan akan penutup pada kelompok tiang ganda.  
  • Untuk banyak situasi desain, bor pile menawarkan kapasitas yang lebih tinggi dengan potensi ekonomi yang lebih baik daripada tiang pancang. 

 

Menghitung Biaya Jasa Bore Pile

Anggaran atau biaya jasa pengeboran metoda bore pile bisa dikalkulaiskan dengan melihat:

  • Seberapa banyak lubang bore pile yang akan di implentasikan 
  • Ukuran kedalaman dan diameter lubang pondasi 
  • Situasi kondisi tanah yang akan dilakukan pengeboran  

 

Namun akan lebih baik berkonsultasi langsung dengan kontraktor bore pile yang ada, sehingga bisa didiskusikan menyeluruh dan negosiasikan harganya.  Silahkan konsultasikan kebutuhan bore pile anda dengan Account Manager kami: Fera 081299044043 - Irawan 082233546142.



Next page: Profil Perusahaan